BigBang Indonesia

Happiness is being a vip

[NEWS] YG Bekerja Sama Dengan Para Konglomerat

Pengumuman 2 minggu lalu mengenai YG Entertainment berkolaborasi dengan Cheil Industries untuk membuat suatu perusahaan bersama dalam bidang fashion telah menjadi topik hangat.

Kerja sama yang belum pernah terjadi sebelumnya ini adalah kerja sama antara salah satu cabang besar dari Grup Samsung dan agensi entertainment kedua terbesar di Korea. Para analis dengan cepat dapat melihat bahwa Lee Seo-hyun, putri kedua dari pemilik Samsung Lee Kun-hee, akan memimpin afiliasi dari divisi perusahaan barang-barang mewah dan fashion ini.

Pada hari itu, saham YG naik 5,1%.

YG dan Cheil akan melakukan kerja sama untuk membuat merk fashion baru tahun depan yang menargetkan kepada pasar global, menurut berita yang dirilis dari kedua perusahaan tersebut pada tanggal 29 Juni. Mereka belum memutuskan detail lebih lanjut mengenai besarnya kerja sama ini, nama merk maupun konsepnya.

"Fashion dan musik tidak dapat dipisahkan," kata juru bicara untuk Cheil Industries. "Penyanyi sudah seharusnya menjadi fashionable dan beberapa merk fashion berasal dari genre musik seperti hip-hop. Kami memiliki hubungan bisnis yang dekat dengan YG, seperti menggunakan artis mereka yaitu T.O.P dan G-Dragon dari grup Big Bang untuk menjadi model dari beberapa merk kami. Meskipun kami dapat memilih SM Entertainment dan JYP (untuk melakukan kerja sama), namun pada akhirnya kami memilih YG karena kami sangat menyukai tenaga kreatif mereka."

Juru bicara tersebut menekankan bahwa kerja sama ini tidak akan mengambil keuntungan dari popularitas artis-artis YG.

"Ini adalah persetujuan untuk menggabungkan kekuatan kami dalam fashion dan kepemimpinan YG di antara para remaja," katanya.

"Samsung sepertinya yakin akan kemampuan YG sebagai penyedia ide kreatif," kata Jin Hong-goock seorang analis dari Hyundai Securities. "Untuk YG, tidak ada ruginya mengadakan kerja sama bisnis bersama Cheil - ikut terlibat dalam melakukan desain maupun artis mereka menjadi model untuk hasilnya nanti. Jika pakaian dari hasil kerja sama tersebut terjual dengan baik, maka sebagian keuntungan akan menjadi milik YG. Jika penjualan tidak memuaskan maka YG juga tidak akan membayar kerugian."

Hari Jumat lalu, YG mengumumkan adanya sponsor dari perusahaan teknologi besar, Samsung Electronics. Big Bang sedang mengadakan tur konser global di 25 kota dari Asia sampai ke Amerika dan Eropa dengan menggunakan nama “Bigbang Alive Galaxy Tour 2012”.

Ini adalah pertama kalinya sebuah tur dari penyanyi K-pop memasukkan nama produk dari Samsung. Produk tersebut adalah Galaxy, merk unggulan dari produk Samsung, termasuk smartphone dan tablet PC yang penjualannya merupakan 70% dari keuntungan yang diterima Samsung Electronics.

Seorang sumber dari industri tersebut mengatakan bahwa YG mendapatkan beberapa milyar won dari Samsung.

"Kami merasa bahwa sponsor ini adalah kesempatan untuk Galaxy dan Big Bang untuk saling mempromosikan merk mereka," kata juru bicara dari Samsung. "Tur konser tersebut menggabungkan smartphone dan musik yang merupakan elemen penting dari kehidupan dari remaja di seluruh dunia."


YG didirikan pada tahun 1996 oleh Yang Hyun-suk, salah satu anggota dari trio yang terkenal pada tahun 1990-an, Seo Taiji & Boys. Dengan hip-hop sebagai identitas musik mereka, the Mapo, agensi yang berada di Seoul ini telah menciptakan dan memanajeri banyak artis termasuk musisi seperti Big Bang, 2NE1, Se7en, dan Psy, dan aktris seperti Kang Hye-jung, pahlawan wanita dalam film Park Chan-wook tahun 2003 “Old Boy”.

Karena budaya internal mereka, yang terkenal karena mengapresiasi kebebasan dan kepribadian masing-masing artisnya dibandingkan dengan perusahaan saingannya, para artis dari YG Entertainment tidak terpengaruh dengan tipikal K-pop yang seksi atau imut. Mereka telah menjadi ikon gaya unik dan trendi.

"YG telah mendapatkan perhatian dari pasar luar negeri termasuk Jepang karena artis-artis mereka yang kompeten," kata Chung Woo-chul, analis dari Mirae Asset Securities.

Misalnya, 2NE1, grup wanita yang beranggotakan 4 orang, telah mendapatkan dukungan pakaian dari perancang busana Amerika, Jeremy Scott, sementara Will.I.Am dari band Amerika Black Eyed Peas telah menjadi pendukung dari musik mereka dengan memproduseri dan membuat beberapa lagu.

Sebuah agensi entertainment yang menjadi perusahaan seperti mereka sangat jarang di negara ini. Sebagian besar bisnis menguntungkan dari perusahaan entertainment, selain dari artis mereka, didapatkan dari restoran dan cafe.

JYP, dengan grup wanita seperti Wonder Girls dan Miss A, telah membangun sebuah restoran di Manhattan pada bulan Maret lalu. Pada bulan April lalu, SM Entertainment bekerja sama dengan perusahaan burger Kraze International dan membangun SM Kraze. iHQ, yang sebelumnya dikenal dengan nama sidus HQ, yang memanajeri artis Han Ye-seul dan aktor Jo In-sung, membangun kerja sama strategis dengan perusahaan cafe, Caffe Bene, pada tahun 2008, dan berkontribusi dalam perluasan cafe tersebut di seluruh Korea.

YG telah mengumumkan keterbukaan mereka mengenai kesempatan bisnis. “Kami sangat terbuka kepada semua bidang industri untuk bersinerdi dan kami selalu mengejar sesuatu yang baru,” kata juru bicara YG.

Dengan pegawai yang berjumlah hampir 200 orang, dan kenaikan pendapatan sebanyak 4 kali lebihnya dari akhir tahun 2009, perusahaan tersebut akhirnya terdaftar dalam Kosdaq pada bulan November tahun lalu. Yang adalah pemegang saham tertinggi dengan 36% saham dalam perusahaan tersebut, yang memiliki nilai pasar saham sekitar 491,2 milyar won (~Rp 5T). Harga sahamnya telah naik 40% selama 8 bulan terakhir ini dan ditutup dengan harga 47.600 won pada Jumat lalu.

Dengan masuknya YG ke Kosdaq, semua agensi 3 besar Korea telah tercatat dalam pasar saham kedua ini dan mendapatkan perhatian para investor untuk berinvestasi dalam kategori entertainment dan memberikan pekerjaan baru untuk para analis yang ahli dalam bidang tersebut.

SM Entertainment, agensi terbesar di Korea, memanajeri Girls’ Generation, Super Junior. dan f(x). Terdaftar pada tahun 2000, menjadi perusahaan pertama dalam industri tersebut yang tercatat dalam pasar. Saat ini, perusahaan tersebut berada di posisi ke-7 di Kosdaq dalam hal kapitalisasi pasar di 1,04 T won. Pemain ke-3 terdapat JYP yang kapitalisasi pasarnya adalah 106,5 milyar won dan masuk ke Kosdaq pada akhir 2010.

YG juga membuka toko di eBay Korea pada awal Juni untuk menjual CD, suvenir termasuk photobook, kaos, dan asesoris handphone yang merepresentasikan YG dan artis-artisnya. Tahun lalu, agensi ini menciptakan kerja sama dengan perusahaan label rekaman Grup Avex, perusahaan entertainment terdepan di Jepang, dan membentuk YG Asia yang berkantor pusat di Hong Kong.

Sebulan lalu, YG memulai proyek kerja sama dengan Hyundai Card, pembuat kartu kredit terbesar kedua di Korea, yang telah mendapatkan reputasi sebagai ikon ketrendian dan kreativitas karena proyek kebudayaannya yang telah mereka bawa ke Korea akhir-akhir ini. Mereka akan mengadakan Hyundai Card Super Concert yang telah mengundang musisi kelas atas dari Sting sampai Stevie Wonder, Lady Gaga dan Eminem, yang akan tampil di Seoul pada tanggal 19 Agustus.

Melalui proyek “Re-Monster”, YG ingin menemukan musisi berbakat yang kurang mampu. Mereka akan mengunggah interpretasi mereka sendiri dari lagu terbaru Big Bang “Monster” dan produser utama YG, dan akan memperkenalkan para musisi tersebut di website Hyundai Card’s Music, sebuah website untuk musik.

By Seo Ji-eun [spring@joongang.co.kr]
Source: Joongang Daily via bigbangdauptes
English to Bahasa: FinCh @ BigBangIndonesia

blog comments powered by Disqus
  1. neither-asleep-nor-dead reblogged this from elisagita
  2. elisagita reblogged this from bigbangindonesia
  3. bigbangindonesia posted this